Senin, 21 Januari 2013

Beragam Manfaat Daun Sirih Untuk Kita

Manfaat daun sirih - Sirih Latin Nama Piper betle L memiliki kandungan kimia minyak esensial (kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol), zat samak. Bagian yang digunakan daun, getah dan minyak. Manfaat untuk borok obat, pendarahan hidung, radang selaput lendir mata, trachoma, halitosis, keputihan, gigi goyah, gusi bengkak, sakit tenggorokan, rematik, jantung berdebar-debar, sakit kepala, terlalu banyak air keluar dari susu, kering batuk demam, nifas, sariawan. Penggunaan sirih bisa tunggal atau dalam kombinasi dengan tanaman obat lainnya. Berikut adalah beberapa ramuan sirih.

Menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi:
Daun sirih setelah dicuci dikunyah di mulut ditahan beberapa menit kemudian meludah. Lakukan 2-3 kali sehari.
Atau: 5-6 lembar daun sirih direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Dingin dan saring dan setelah itu digunakan untuk berkumur setiap pagi dan sore.

Pembengkakan gusi / mulut:
Ambil 5-6 lembar daun sirih direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam dan gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Perdarahan geraham
Manfaat sirih hitam - Setelah ekstraksi gigi (geraham biasanya) selalu berdarah banyak. Untuk menghentikan perdarahan, gunakan ramuan ini. Ambil 10 lembar daun sirih. Setelah dicuci, direbus dengan 5 gelas air. Angkat dan saring. Selain itu, berkumur dengan campuran sekali setiap jam 1. Rempah juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang memiliki banyak lubang.

Menghilangkan bau badan
Ambil 2-3 lembar daun sirih direndam dalam air panas 1/2 cangkir ditambah satu sendok teh gula putih. Biarkan air untuk suam-suam kuku. Setelah itu daun sirih diambil, minum air

Untuk menghilangkan bau di ketiak:
Ambil selembar daun sirih kapur memberikan sedikit lalu peras dan gosokkan pada ketiak sehingga bau akan menghilang.

Obat batuk:
5 lembar daun sirih
Cengkeh, kapulaga, kemukus, masing-masing 11 biji
Cinnamon 1 jari

Cara membuat:
Semua bahan setelah mencuci direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas ½ Angkat dan saring
Minum aturan:
Anak usia 1 s.d. 3 tahun dan 3 kali sehari 1 sendok makan.
Anak usia 4 s.d. 5 tahun 3 kali sehari 3 sendok makan
Anak usia 6 s.d. 11 tahun 3 kali sehari 5 sendok makan
Dewasa 3 kali sehari

Keputihan:
Manfaat kesehatan sirih - Untuk mencegah atau mengobati keputihan, mengurangi gatal di vagina penggunaan rebusan daun sirih untuk membersihkan. Sementara bahan-bahan untuk minuman ini biasanya dikombinasikan dengan kumis kucing, kunyit, tapak liman atau pahit, bahkan sekarang ada yang dibuat dalam bentuk ramuan kunyit instan tanpa gula dan sirih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar